Minggu, 18 Oktober 2015

Pengertian Tari Sirih Kuning,Sinopsis, serta Ragam Gerak Tari Sirih Kuning




  Pegertian Tari Sirih Kuning 

Tari Sirih Kuning adalah tarian yang berasal dari betawi  tempo dulu dan tarian ini dibawakan secara berpasangan  dengan diiringi musik khas Betawi yaitu Gambang Kromong. Tarian ini biasanya  di lakukan untuk menyambut  atau memeriahkan sebuah acara.








Sinopsis Tari Sirih Kuning

Tarian jenis ini merupakan pengembangan dari tarian Cokek yang merupakan tarian pergaulan di tanah Betawi tempo dulu dan banyak berkembang khususnya di daerah Betawi pinggir ( Tangerang dan sekitarnya).Arti kata Cokek sendiri yaitu berasal dari nama seorang Tuan Tanah di kawasan itu yang bernama lengkap Tan Sio Kek dengan mempersembahkan para penari wanita untuk menghibur para tamu dalam setiap perayaan atau pesta rakyat. Dalam perkembangannya, orkes Gambang kromong dipergunakan untuk mengiringi tarian jenis ini sambil menari berpasangan antara laki-laki dan perempuan lengkap dengan kebaya khas penari cokek berupa kebaya kurung dan celana panjang berbahan sutera khas cina peranakan dengan warna-warni cerah ceria.Pembukaan pada tari cokek ialah wawayangan, dimana para penari cokek berjejer memanjang sambil melangkah maju mundur mengikuti irama musik gambang kromong, setelah itu mereka mengajak tamu untuk menari bersama dengan mengalungkan selendang. pertama-tama kepada tamu yang dianggap paling terhormat. Bila yang diserahi selendang itu bersedia ikut menari, maka mulailah mereka ngibing; menari berpasang-pasangan. Tiap pasang berhadapan pada jarak yang dekat tetapi tidak saling bersentuhan. Ada kalanya pula pasangan-pasangan itu saling membelakangi. Kini, tarian ini biasanya digunakan untuk mengiringi pengantin Betawi memasuki pelaminan serangkai dengan proses penyerahan sirih dare oleh mempelai pria kepada pengantin wanita atau pada hiburan penyambutan tamu kehormatan maupun perayaan lengkap dengan irama lagu khas Betawi " Sirih Kuning ".








  Ragam Gerak Tari Sirih Kuning

Sikap Awal : 
1. Kaki : Renggangkan kedua kaki kanan dan kiri sehingga membentuk sebuah huruf V.

        2. Tangan : Merentangkan kedua tangan dengan mengangkat kedua tangan agak setengah keatas dan telapak tangan membuat desain bawah pada tari.

3. Badan :Posisi badan penari wanita tegap lurus, namun kaki agak                   direndahkan ke bawah.
                                                                      Posisi badan penari pria agak doyong ke depan.

                                                       4. Kepala : Lurus memandang ke depan.
                                                       5. Hitungan : -












Gerak Nandak dua :



2. Tangan : Mengayun keatas secara bergantian kanan dan kiri dengan gerakan telapak tangan                                 membuka dan menutup.

3. Kaki : Kaki kanan dan kiri melangkah kedepan secara bergantian mengikuti gerak tangan dan                        kembali ke titik awal secara berganti dengan posisi menganyunkan kaki atau seperti                            menggenjot.

4. Kepala : Berlenggok ayu mengikuti arah gerak tangan.

5. Hitungan : 4 x 8






Sembah Cina :


1. Kaki : Menekuk kebawah dengan posisi kaki kiri agak menonjong keatas
2. Tangan : Kedua tangan mengepal dengan posisi mengarah ke depan.





Enough so much for Information About Traditional dance Sirih Kuning ..
-Thank You ^-^ -



6 komentar: